Breaking News
Home / Profil

Profil

Sambutan Ketua Program Studi Refraksi Optisi

 

Seiring dengan perkembangan IPTEK khususnya bidang kesehatan, Prodi D-III Refraksi Optisi STIKES Widya Husada Semarang memiliki andil dalam mencetak dan mendidik tenaga kesehatan (dalam hal ini adalah refracsionist optisien) yang profesional dan mampu bersaing di wilayah regional, nasional, maupun internasional. Untuk menjadi bagian dari institusi yang bermutu, Prodi Refraksi Optisi STIKES Widya Husada sudah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Salah satu dari beberapa hal yang membanggakan adalah prestasi belajar mahasiswa/ mahasiswi dalam bidang akademik yang tidak hanya berasal dari dalam institusi namun juga berasal dari luar institusi. Kegiatan mahasiswa/mahasiswi dalam bidang karya tulis ilmiah juga dapat bersaing diluar institusi (regional).


Kami menyadari dalam penyusunan profil prodi masih memiliki beberapa kekurangan, sehingga kami mohon masukan dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi kemajuan Prodi D-III Refraksi Optisi STIKES Widya Husada Semarang. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi semua pembaca.


Semarang, Desember 2012

Ka. Program Studi D-III Refraksi Optisi
STIKES Widya Husada Semarang

Untung Suparman,Amd.RO, SKM

 

Sejarah Singkat

Sejarah mengenai Prodi D-III Refraksi Optisi STIKES Widya Husada Semarang berawal dari berdirinya Yayasan Pendidikan Widya Husada (YPWH) Semarang pada tanggal 28 Mei 1997, yang mengelola 5 perguruan tinggi berbentuk akademi, diantaranya yaitu :

  1. Akademi Keperawatan (AKPER)
  2. Akademi Fisioterapis (AKFIS)
  3. Akademi Teknik Elektromedis (ATEM)
  4. Akademi Teknik Rontgen (ATRO)
  5. Akademi Refraksi Optisi (ARO)
Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan u.p. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM u.p. Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, ARO didirikan dengan Nomor HK.00.06.1.12422 tanggal 29 Juli 1997. Kemudian pada tanggal 4 Desember 2006, Dikti mengeluarkan Keputusan Nomor 269/D/O/2006 tentang alih bina akademi-akademi dibawah YPWH dan perubahan bentuk YPWH menjadi STIKES Widya Husada Semarang. Keempat akademi dibawah YPWH berubah menjadi program studi, dimana Akademi Refraksi Optisi (ARO) menjadi Program Studi D-III Refraksi Optisi.


Status Akreditasi


Prodi D-III Refraksi Optisi STIKES Widya Husada Semarang sudah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Serta mendapatkan akreditasi dari KEMENKES dan KEMENDIKNAS.


Rencana Pengembangan

Demi meningkatkan mutu dalam memberikan pengajaran kepada mahasiswa, Prodi D-III Refraksi Optisi STIKES Widya Husada Semarang selalu meningkatkan fasilitas penunjang dalam kegiatan perkuliahan, diantaranya pengembangan laboratorium lensa kontak, refraksi, dispencing, dan surfacing. . Selain itu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi dosen pengajar Prodi D-III Refraksi Optisi STIKES Widya Husada Semarang juga terus dilakukan melalui peningkatan jenjang pendidikan S2 serta mengikuti pelatihan dan seminar.


Prospek Lulusan

Mahasiswa lulusan Prodi D-III Refraksi Optisi masih banyak dibutuhkan di beberapa rumah sakit di Indonesia, bahkan Luar Negeri. Peluang kerja lulusan Prodi D-III Refraksi Optisi meliputi:

• Rumah Sakit Negeri maupun Swasta
• Puskesmas
• Klinik Kesehatan yang memiliki alat rontgen
• PNS (Pegawai Negeri Sipil)
• TNI/ POLRI
• Dosen pengajar di institusi yang memiliki program studi atau jurusan bidang refraksii
• Wiraswasta
• Meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu S1 Refraksi Optisi


Kegiatan
a. Perkuliahan
Kegiatan perkuliahan meliputi :

  1. KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dalam ruang perkuliahan
  2. Praktek Laboratorium
  3. Praktek Kerja Lapangan

Demi menunjang kelancaran kegiatan Praktek Kerja Lapangan, Prodi D-III Refraksi Optisi mengadakan ikatan kerja sama dengan beberapa rumah sakit seperti:

  • RSUP Dr. Karyadi Semarang
  • RS William Booth Semarang
  • BKIM Semarang

4. KKL (Kuliah Kerja Lapangan) ke ESSILOR, RODENSTOCK, POLYCORE Jakarta, INNED Bandung

5.  Seminar Ilmiah Tahunan

b. Non Perkuliahan

 

  • PPS (Pengenalan Program Studi)
  • Study Tour ke Jakarta, Bandung



Dosen Pengajar


Kaprodi          : Untung suparman, Amd. RO, SKM,MH.Kes
Sekprodi I     : Didik Wahyudi, Amd.RO, SKM, M.Kes

Sekprodi II   : Mochammad Kholil, Amd. RO, SKM,MH.Kes

 
Dosen:
  1. Untung Suparman, SKM, M.H.Kes
  2. Didik Wahyudi, SKM, M.Kes.
  3. Mochammad Kholil, SKM, M.H.Kes
  4. Sri Suparti, SKM.M.Kes
  5. Kesawa Sudarsih SSiT. Msi
  6. Galih P SE, MM
  7. Nurrofik Ari Armansyah, M.Pd
  8. Ari Dina Permana Citra, SKM, M.Kes
  9. dr Yusuf Cholil
  10. Prof dr Wilardjo, S.P.M (K)
  11. Daniel Manurung, SH, M.Kes
  12. Drs. J Dahjono, DMHE, MM